Senin, 28 April 2014

Menciptakan Generasi Anak Cerdas Sejak Dini




Anak-anak adalah harapan suatu bangsa. Hari depan suatu negara ada di tangan mereka. Mempunyai anak yang sehat, pintar dan cerdas tentunya menjadi dambaan kita semua. Berbagai macam upaya kita lakukan agar kita mempunyai anak yang sehat, pintar, cerdas, dan berkualitas.

Perkembangan fisik dan kecerdasan otak sudah dimulai sejak masih di dalam kandungan. Oleh karena itu pemberian asupan nutrisi atau zat gizi yang optimal selama masa kehamilan merupakan factor yang sangat mempengaruhi perkembangan fisik dan otak putra-putri kita di kemudian hari.

Pada umumnya kebutuhan zat gizi bagi ibu hamil itu sama dengan kebutuhan nutrisi standar harian, yaitu harus cukup mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral. Namun, demikian ibu hamil perlu mendapatkan penambahan zat-zat gizi yang sangat dibutuhkan baik si ibu maupun janin yang dikandungnya.

Beberapa zat gizi yang perlu mendapatkan prioritas utama untuk menunjang kesehatan ibu hamil dan janinnya adalah protein yang penting untuk sintesis dan jaringan tubuh, kalsium untuk kesehatan tulang baik bagi ibu dan janinnya, zat besi dan asam folat untuk pembentukan sel-sel darah merah dan mencegah anemia, EFA (Essential Fatty Acid) yang penting untuk perkembangan sel-sel saraf otakdan retina mata janin.


EFA (Essential Fatty Acid) atau asam lemak essensial merupakan suatu kelompok asam lemak yang dikenal sebagai golongan Omega . Disebut sebagai esensial karena asam lemak ini tidak dapat disintesis sendiri oleh tubuh manusia dan hanya dapat diperoleh melalui asupan makanan kita sehari-hari. Terdapat 2 kelompok asam lemak esensial yaitu asam lenoleat atau (Omega 3) dan asam lenoleat atau (Omega 6). Parent EFA dibutuhkan untuk membentuk asam lemak tak jenuh ganda rantai panjang (LC-PUFA) seperti DHA (asamdekosaheksanoat) dan AA (asam arachidonat). Sumber EFA banyak ditemukan baik pada sumber nutrisi nabati seperti dari biji-bijian dan legume seperti minyak jagung, safflower, dan kacang kedelai, sementara dari sumber hewani yaitu dari minyak ikan cod,makarel, tuna, dan ikan salmon.

Penelitian telah menunjukkan bahwa selama kehamilan terutama pada trimester terakhir (bulan ke 6-9) ibu hamil dan janin yang sedang berkembang membutuhkan asam lemak essential yang tinggi karena pada periode ini terjadi sintesis jaringan otak yang sangat cepat. Oleh karena itu wanita hamil sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi tambahan asam lemak esensial dari menu kesehariannya.

Perkembangan sel otak dan fisik bayi juga terjadi pada tahun pertama sampai ketiga sesudah dilahirkan. Pada masa ini (periode tumbuh kembang anak), pemberian asupan nutrisi (nutrition intake) yang baik mutlak diperhatikan. Pemberian zat-zat gizi mikro seperti kalsium, zat besi (iron), EFA seperti  DHA dan AA, lecithin perlu diberikan. Kebutuhan zat besi yang tidak cukup dapat menimbulkan anemia di samping akan mempengaruhi perkembangan otaknya, kalsium dibutuhkan untuk perkembangan tulang dan gigi yang sehat,dan zat gizi mikro seperti DHA, AA, lecithin sangat penting untuk perkembangan otak dan juga daya visualnya.


Namun demikian dalam kehidupan sehari-hari, kita mungkin mengalami kesulitan dalam memberikan nutrisi tersebut yang cukup untuk memenuhi kebutuhannya. Makanan kesehatan (food suplemment) yang difortifikasi dengan lecithin pada produk Chlostanin Hoken dan DHA (Omega 3) pada produk EPADHA sangat dianjurkan baik untuk anak-anak pada masa tumbuh kembang. Kandungan lecithin dari ekstrak kacang kedelai pada produk ChlostaninHoken berperan sebagai bahan dasar (precursor fosfatidil cholin) untuk pembentukan sel-sel syaraf otak. Chlostanin Hoken juga mengandung  kalsium alami yang penting untuk kesehatan tulang dan gigi putra-putri kita. Chlostanin Hoken hadir dengan rasa lemon  yang segar dan tentunya sangat digemari oleh putra-putri kita.


Di samping mengkonsumsi Chlostanin Hoken putra-putri kita juga sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi EPADHA. Kandungan  DHA (Omega 3) pada produk EPADHA sangat penting untuk pembentukan jaringan sel syaraf otak dan sel syaraf retina yang berhubungan dengan kecerdasan dan daya visualnya. Khusus EPADHA dapat dikonsumsi untuk wanita hamil mengingat kebutuhan putera-puteri kita akan DHA diawali pada masa di dalam kandungan. Segera hadirkan  dalam rumah Anda Chlostanin Hoken dan EPADHA untuk menciptakan generasi putra-putri kita yang lebih sehat, pintar, cerdas, dan berkualitas.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar